Tips Penuhi Nutrisi Anak Agar Tumbuh Sehat

Tips Penuhi Nutrisi Anak Agar Tumbuh Sehat

Anak merupakan investasi sumber daya manusia yang memerlukan perhatian khusus untuk kecukupan status gizinya sejak lahir, bahkan sejak dalam kandungan. Anak usia dini memiliki karakteristik berbeda dengan usia sebelum dan sesudahnya, baik dalam fisik-biologis, motorik, kognitif, moral, dan psikososialnya. Bagi para orang tua, memenuhi nutrisi anak adalah hal yang wajib dilakukan untuk perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya.

Perlakuan dan pendidikan untuk anak usia dini juga spesifik, di mana harus mempertimbangkan kesesuaian dengan usia kronologis serta pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, bagi orang tua/calon orangtua, pendidik/calon pendidik, maupun pihak yang terkait dan concern di bidang pendidikan prasekolah, merupakan keniscayaan untuk memahami tumbuh kembang anak usia dini yang bertujuan untuk membantu menumbuhkembangkan anak-anak secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Keniscayaan itu disebabkan anak usia dini sedang berada pada masa emas dalam rentang manusia, karena pada masa itulah dasar-dasar kepribadian diletakkan untuk kehidupan berikutnya di masa dewasa kelak sebagai pribadi manusia yang seutuhnya. 

Saat masih dalam kandungan, apa yang dimakan oleh ibunya, maka itulah yang dimakan janin, jika ibunya merokok maka berarti pula janinnya menerima racun dari rokok tersebut dan jika ibunya minum minuman keras maka janinnya juga ikut minum minuman keras. Setelah lahir, apa yang dimakan oleh bayi sejak usia dini merupakan fondasi yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraannya di masa depan.

Balita akan sehat jika sejak awal kehidupannya sudah diberi makanan sehat dan seimbang sehingga kualitas SDM yang dihasilkan optimal. Zat gizi dari makanan adalah sumber utama untuk memenuhi kebutuhan anak agar tumbuh kembang optimal sehingga dapat mencapai kesehatan yang sempurna.

Anak merupakan usia yang rentan terhadap serangan penyakit baik virus maupun bakteri, ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan anak agar tidak mudah tertular penyakit dengan memandikan dengan sabun 2 kali sehari, mencuci rambut dengan sampo 3 kali dalam seminggu, mencuci tangannya dengan sabun sebelum makan, setelah buang air besar, buang air kecil, dan setelah bermain. 

Selain menyiapkan makanan dengan gizi yang seimbang, Anda juga harus menyiapkan makanan yang bervariasi agar anak tidak mudah bosan dengan makanan yang disajikan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak berikut yang dapat Anda lakukan.

Penuhi kebutuhan karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai penghasil energi yang dibutuhkan ketika anak aktif bergerak. Karbohidrat dapat ditemukan di beras merah, roti, pisang, sereal, mi dan jagung. Anjuran konsumsi karbohidrat sehari bagi anak usia 1-3 tahun adalah 50-60%. Kenalkan anak dengan berbagai macam makanan yang mengadung karbohidrat tinggi secara bergantian.

Susu untuk penuhi kebutuhan kalsium
Kebutuhan kalsium untuk anak usia 1-3 tahun adalah sebesar 500mg atau setara dengan 290ml susu. Pilih susu formula terbaik dengan kandungan nutrisi yang lengkap sehingga tumbuh kembang anak semakin optimal. Pilih susu formula yang sudah dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA yang baik untuk pertumbuhan otak anak sebelum memasuki dunia sekolah.

Konsumsi ikan, daging dan telur
Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein anak adalah dengan mengkonsumsi ikan, daging dan telur. Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Protein juga menghasilkan enzim pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sediakan buah-buahan
Buah-buahan mengadung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi dalam tubuh anak. Buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi antara lain jeruk, strawberry, tomat dan leci.

Jadi, dalam mencukupi asupan nutrisi hariannya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein hingga kalsium untuk pertumbuhannya yang bisa didapatkan dari makanan bergizi serta susu formula.

0 komentar:

Posting Komentar