Cara Efektif yang Bisa Kamu Coba untuk Melembabkan Udara di Dalam Rumah

Cara Efektif yang Bisa Kamu Coba untuk Melembabkan Udara di Dalam Rumah
Sumber: pinterest.com
Jika setiap bangun dipagi hari kamu merasa mulut dan tenggorokan terasa kering, sesak nafas, selaput lendir di hidung, rambut dan kulit menjadi kering itu berarti udara yang ada di dalam rumah kamu tidak cukup lembab. Tingkat kelembaban yang kurang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Perlu diketahui, udara kering yang ada di dalam ruangan dianggap bisa menyebabkan resiko berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Misalnya saja, paru-paru mengering, reaksi alergi sering muncul, kulit kekurangan elastisitasnya dan cepat menua, rambut menjadi cepat rapuh dan kusam.

Namun, hal yang sering terjadi pada anak-anak dan juga orang dewasa adalah batuk yang konstan saat di malam hari dikarenakan udara kering yang hinggap di kamar tidur. Udara kering yang sangat berbahaya adalah saat di musim dingin, ketika pemanasan sedang bekerja. Di musim dingin, udara kering bisa meningkat sampai 20% tentu hal ini bisa berpengaruh bagi kesehatan manusia, terutama untuk orang lanjut usia dan anak-anak yang lebih menderita.

Namun, bukan hanya di musim dingin saja, tetapi ketika baterai pemanasan sentral yang beroperasi juga bisa membuat udara menjadi kering. Untuk mengatasi fenomena di atas ini, pastikan jika kamu selalu menjaga kelembaban di dalam rumah. Ada beberapa cara efektif yang bisa kamu coba untuk melembabkan udara di dalam rumah. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya. 

1. Simpan Tanaman Hijau di Dalam Rumah

Simpan Tanaman Hijau di Dalam Rumah
Sumber: pinterest.com
Tanaman tentunya sangat bagus untuk membantu lingkungan yang kurang lembab. Kamu bisa menyimpan tanaman air yang bagus untuk melembabkan udara, seperti lidah buaya, bamboo palm, sirih gading, echeveria, jade plant dan tanaman air lainnya. Namun, kamu juga harus merawat tanaman itu dengan menyiramnya secara rutin dan memenuhi kebutuhannya yang perlu terkena sinar matahari. Pada umumnya, tanaman membutuhkan sinar matahari, namun ada juga beberapa tanaman yang suka tinggal di tempat teduh.

2. Lakukan Ventilasi Ruangan Secara Teratur

Lakukan Ventilasi Ruangan Secara Teratur
Sumber: pinterest.com
Selanjutnya, lakukanlah ventilasi secara teratur. Seperti membuka jendela 3 kali sehari atau sekiranya 10-15 menit. Ini adalah cara efektif yang termudah untuk melembabkan udara. Semakin lebarnya jendela yang terbuka, maka akan semakin cepat pula ruangan berventilasi. Namun, metode satu ini tidak dianjurkan saat musim panas yang sangat kering karena tidak akan membuat ruangan menjadi lembab. Tetapi ini akan bekerja saat di musim dingin dan panas ketika baterai udara yang sangat kering, maka metode satu ini akan beroperasi dengan sangat baik.

3. Akuarium untuk Pelembab yang Efektif

Akuarium untuk Pelembab yang Efektif
Sumber: pinterest.com
Akuarium juga bisa membuat udara menjadi lembab. Karena air yang berasal dari permukaan akuarium akan menguap, sehingga akan melembabkan udara di dalam rumah. Perlu diingat untuk selalu menambahkan air baru agar memberikan volume yang diinginkan. Semakin besarnya akuarium, maka semakin cepat pula kelembaban yang diberikan.


4. Pembersihan Basah Setiap Hari

Pembersihan Basah Setiap Hari
Sumber: pinterest.com
Cobalah membersihkan lantai dan debu yang ada di barang-barang interior di rumahmu setiap hari, khususnya saat pemanas sedang menyala. Metode satu ini akan meningkatkan kelembaban di rumah kamu, membunuh serangga yang hinggap di debu, mencegah munculnya alergi serta mikroorganisme lain. Hal ini juga sangat penting dilakukan di kamar bayi yang baru lahir untuk mencegah penyakit dan virus menular pada anak.

5. Mengeringkan handuk yang Basah

Mengeringkan handuk yang Basah
Sumber: pinterest.com
Metode satu ini sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan metode satu ini saat di musim dingin dengan udara yang sangat dingin. Yaitu dengan cara membasahi handuk ukuran besar lalu menggantungkannya di baterai sentral. Ketika uap air itu menguap, maka saturasi partikel kecil uap pun akan terjadi. Perlu, diingat metode satu ini tidak cocok buat pemanasan listrik.

6. Menggunakan Humidifier Ultrasonik di Rumah

Menggunakan Humidifier Ultrasonik di Rumah
Sumber: pinterest.com
Jika kamu tinggal di tempat yang memiliki cuaca kering hampir sepanjang tahun, maka cara yang tepat untuk melembabkan rumah adalah dengan menggunakan pelembab udara elektronik dirumah. Mungkin kamu bisa membeli Humidifier Ultrasonik yang merupakan jenis pelembab yang sedang populer saat ini. Uap yang dihasilkan nya pun dengan cara gelombang ultrasonik yang dibantu oleh gelombang semprotan kecil yang tersedia. Efek pada uap dingin ini juga sangat menarik. Karena tidak hanya memberikan air saja, tetapi juga memberikan unsur-unsur yang ada dikandungannya. Lalu campuran itu mendapatkan filter khusus yang bisa menyaring segala komponen berbahaya seperti udara dan air.

Sekian pembahasan tentang beberapa cara efektif untuk melembabkan udara di dalam rumah yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami udara kering di dalam rumah. 

0 komentar:

Posting Komentar