Ciri-Ciri Oli Motor yang Harus Diganti

Ciri-Ciri Oli Motor yang Harus Diganti

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Untuk kebutuhan jarak dekat maupun jarak jauh, sepeda motor terhitung sebagai kendaraan yang ekonomis dan ergonomis. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa mengabaikan perawatan kendaraan Anda begitu saja. Sebab,sepeda motor tetap perlu mendapatkan perawatan yang terbaik. Salah satu perawatan sepeda motor yang tidak boleh dilewatkan adalah penggantian oli motor.

Nah, jika Anda sedang mencari oli motor yang paling pas dengan kendaraan Anda, Anda bisa mengunjungi laman berikut https://ilti.idemitsu.com/product-category/oli-sepeda-motor/.

Umumnya, penggantian oli motor didasarkan pada usia oli dan jumlah jarak tempuh. Rata-rata pabrikan motor menyarakan motor yang sering digunakan untuk mengganti oli setiap dua bulan sekali atau tiap pertambahan 3000 kilometer. Namun, dua hal di atas bukan menjadi satu-satunya patokan penggantian oli motor. Sebab, beberapa kondisi berikut juga menandakan Anda harus segera mengganti oli motor.

1. Warna oli motor lebih pekat dan memiliki bentuk yang encer

Ciri pertama oli yang harus diganti adalah warna yang menghitam dan/atau tekstur yang mengental. Pada dasarnya oli motor berwarna hijau ataupun biru pekat. Namun, ketika sudah terkena zat emisi atau kerak sisa pembakaran, warna oli akan berubah. Begitu juga dengan tingkat kekentalan oli. Seiring berjalannya waktu, kekentalan oli akan berkurang. Sehingga, bila oli motor Anda sudah menghitam dan/atau mengental, tandanya Anda harus segera menggantinya.

2. Volume oli lebih menurun

Pada awal penggantian oli, mungkin ukuran atau volume dari oli masih sesuai dengan takaran. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan banyaknya penggunaan motor maka ukuran volume akan berubah. Penurunan takaran oli ini merupakan salah satu ciri dari oli yang sudah harus diganti.

3. Suhu yang dimiliki mesin menjadi lebih tinggi

Kegunaan oli adalah untuk meratakan panas yang dimiliki oleh suatu mesin motor. Nah, ketika kualitas oli sudah menurun, tentu pelumas ini tidak bisa meratakan panas dari mesin motor. Sehingga, suhu beberapa mesin menjadi lebih tinggi. Kalau sudah begini, tentu sudah saatnya Anda menggantioli motor.

4. Suara dari mesin motor menjadi kasar

Penurunan kualitas oli membuat cairan oli tidak bisa menempel dengan sempurna pada komponen-komponen mesin mobil. Sehingga, ketika motor dinyalakan, suara mesin motor menjadi kasar dan bising. Bila sudah begini, tentu Anda harus segera mengganti oli sepeda motor agar kendaraan tidak menjadi rusak. 

Nah, itulah dia ciri-ciri oli motor yang sudah harus diganti. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar