Sudah Tahu Cara Menjadi Mitra SPBU Pertamina? Simak Caranya Di Sini

 

Sudah Tahu Cara Menjadi Mitra SPBU Pertamina? Simak Caranya Di Sini

Anda tentunya sudah sangat familiar dengan kehadiran dari SPBU milik Pertamina di sekitaran rumah anda bukan?. Tidak hanya dapat menemukan SPBU di perkotaan, bahkan di daerah pinggiran juga akan menemukan SPBU untuk pengisian bahan bakar. Dengan begitu bisa dikatakan jika potensi bisnis satu ini begitu besar. Apalagi setiap tahun selalu ada peningkatan volume kendaraan. Untuk anda yang bergabung dengan mitra SPBU pertamina, bisa mengintip caranya berikut.

Syarat  Untuk Bergabung Menjadi Mitra Pertamina

1. Memilih Lokasi Usaha

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan pom pengisian bahan bakar selalu berada di daerah yang strategis. Lokasi yang strategis ini memiliki beberapa poin yang harus anda perhatian. Strategis dari segi untuk menjangkau, berada di pusat keramaian, atau menjadi lokasi yang banyak dilewati tetapi belum ada stasiun pengisian bahan bakar. Terutama di pinggiran yang sangat dibutuhkan stasiun pengisian tapi ternyata tidak ada yang paling dekat.

Untuk itu dalam memilih lokasi usaha, sebaiknya anda benar benar melakukan survey terlebih dahulu. Dengan begitu anda bisa menemukan lokasi yang tepat dan terbilang strategis. Anda bisa memilih lokasi yang banyak dilewati kendaraan bermotor dan juga mudah untuk dijangkau. Yang tak kalah penting, pastikan jika lokasi sudah tersedia hingga izin pembangunan dikeluarkan. Syarat menjadi mitra SPBU Pertamina harus dipenuhi terlebih dahulu.

2. Dokumen Yang Dibutuhkan

Agar bisa bekerjasama dengan Pertamina, anda juga harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dokumen ini sebagai persyaratan untuk mengajukan kepada pihak Pertamina maupun untuk kelengkapan usaha anda. Anda perlu untuk menyiapkan berkas penting seperti fotocopy Kartu Tanda Penduduk lebih dahulu. Dalam memulai usaha anda juga harus menyiapkan dokumen dan perizinan untuk usaha yang akan anda dirikan.

Dokumen mulai dari fotocopy IMB, surat akta pendirian perusahaan, surat izin gangguan sampai dengan surat peruntukkan dan penggunaan tanah. Dalam mengurus semua dokumen tersebut memang membutuhkan waktu dan pastikan untuk bisa dipertanggung jawabkan. Apabila semua dokumen sudah siap, anda bisa menyiapkan desain dan bentuk dari SPBU Pertamina yang akan dibangun. Jangan lupakan perihal peta lokasi usaha, kelengkapan data fasilitas dan lainnya.

3. Menyiapkan Sarana dan Prasarana

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, jika sarana dan prasarana di sebuah pom pengisian bahan bakar umum sangat penting. Anda juga tahu, bahwa selain menjadi tempat mengisi bahan bakar, banyak yang menggunakan SPBU sebagai tempat singgah. Hanya untuk sekadar urusan toilet hingga beribadah maupun makan dan minum. Dengan alasan tersebut, maka sangat penting bagi anda menyiapkan semua fasilitas pendukung yang dibutuhkan.

Terdapat standar sarana dan juga prasarana yang wajib dipenuhi di setiap SPBU. Anda wajib menyiapkan sarana mulai dari pemandam kebakaran, instalasi sumur pantai, sistem keamanan hingga pengolahan limbah. Tidak hanya itu, anda juga perlu membangun toilet umum untuk wanita dan pria, mushola, lahan parkir dan tanda rambu. Jika anda menyiapkan semuanya dengan baik, SPBU Pertamina akan mudah untuk memberikan perizinan kepada anda.

Apabila anda ingin bergabung sebagai mitra, pastikan jika anda sudah menyiapkan semuanya. Untuk pendaftaran pertama bisa dilakukan di website resmi dari Pertamina. Setelah itu akan terdapat 3 tahapan yang dilakukan oleh Pertamina sebelum mengacc usaha anda nantinya. Penting juga bagi anda untuk memberikan data yang jujur serta sesuai dengan lapangan. Hal ini akan memudahkan anda untuk melewati gerbang verifikasi sebelum nanti bisa bekerjasama.

0 komentar:

Posting Komentar