Berpetualang Dalam Lorong Waktu di Kota Lama Semarang

Berpetualang Dalam Lorong Waktu di Kota Lama Semarang
sumber : kompas.com

Kota lama Semarang sudah ada sejak pertama kali pada abad 18 ketika masih era pemerintahan Hindia Belanda. Pada jaman dulu kota tua merupakan pusat pemerintahan Semarang dan pusat pemukiman para masyarakat Belanda. Seperti bangunan Belanda lain nya, kawasan kota tua di bangun dengan model perumahan yang ter-konsep dan memiliki nilai seni tinggi. Sampai sekarang di sekeliling kota tua terdapat sebuah kanal air dilengkapi dengan jembatan, yang salah satu nya merupakan jembatan Berok  yang masih ada sampai aktif hingga sekarang.

Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi liburan yang sayang jika Anda lewatkan ketika Anda singgah di kota bersejarah ini. Kota Lama Semarang menawarkan berbagai spot menarik untuk mengambil foto yang Instagramable. Tak jarang banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke tempat ini untuk melakukan sebuah petualangan tentang sejarah Indonesia.

Tak salah jika berlibur ke Kota Lama Semarang ini sering disebut dengan sebuah petualangan melalui lorong waktu oleh sebagian besar orang. Lalu apa sajakah hal yang menarik untuk diketahui mengenai Kota Lama Semarang ini? Yuk kita simak informasinya seperti berikut ini!

Gereja Blenduk

Sumber : holamigo.id
 
Awalnya bangunan ini berbentuk rumah joglo biasa dan pada tahun 1787 bentuk gereja ini dirombak secara total dan menambahkannya dua buah menara dan hasilnya sebuah karya yang indah dengan komposisi yang sempurna.

Sampai saat ini, gereja masih digunakan sebagai tempat beribadah yang kondisinya masih terawat rapi. Bahkan Gereja Blenduk sendiri pernah mendapatkan penghargaan karya arsitektur kuno terawat untuk kategori tempat ibadah.

Kota Lama

sumber : nativeindonesia.com
 
Jika kamu bertanya mengenai destinasi wisata Semarang yang bersejarah pasti tempat yang pertama banyak orang-orang rekomendasikan adalah Kota Lama Semarang. Tak heran jika banyak orang berkata berkunjung ke Kota Semarang tidak akan terasa lengkap jika tanpa mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Faktanya Kota Lama Semarang memang istimewa. Tempat wisata Semarang ini memang terkenal sebagai lokasi wisata yang paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.
 
Tempat wisata Kota Lama Semarang ini cocok Anda kunjungi terutama bagi kamu yang senang berburu foto sekaligus mempelajari sejarah. Di Kota Lama Semarang kamu akan menemukan banyak bangunan tua bergaya Eropa klasik yang tentunya menjadi buruan para fotografer. Pastikan untuk membawa serta kamera kamu jika akan berkunjung ke Kota Lama Semarang dan abadikan keindahan bangunan peninggalan kolonial Belanda di sana lewat bidikan lensa kamera Anda.

Pabrik Tua

sumber : semarang.merdeka.com
 
Di kawasan tempat wisata ini Andapun bisa menyambangi sebuah lokasi bersejarah yaitu pabrik tua peninggalan kolonial. Salah satu pabrik tua bersejarah ini adalah Pabrik Rokok Praoe Lajar. Sejarah mencatat saat perang 5 hari melawan Jepang, gedung tersebut digunakan sebagai sebuah gudang penyimpanan senjata tentara Indonesia. Sekarang, pabrik senjata tersebut sudah tidak lagi digunakan untuk memproduksi senjata melainkan berubah menjadi pabrik rokok.

Lawang Sewu

sumber : travel.kompas.com
 
Lawang Sewu bisa jadi pilihan persinggahan tempat wisata Kota Lama Semarang yang menarik berikutnya. Lawang Sewu sering disebut sebagai bangunan yang angker mengingat bangunan ini dibangun pada zaman kolonial Belanda. Lawang Sewu adalah sebuah gedung tua yang pada zaman kolonial Belanda digunakan sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). NIS merupakan perusahaan yang bertugas membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja.

Menurut sejarah, gedung Lawang Sewu ini dibangun pada tahun 1904. Lawang Sewu terkenal memiliki bentuk yang sangat unik dengan ciri khas mempunyai banyak pintu dan jendela. Banyaknya pintu dan jendela di bangunan ini membuat masyarakat setempat menyebut bangunan ini sebagai bangunan seribu pintu atau dalam bahasa Jawa disebut lawang Sewu. Walaupun pada faktanya jumlah pintu pada gedung tiga lantai ini tidak mencapai angka 1.000 dan hanya memiliki 429 pintu.


Dari semua tempat destinasi di Kota Lama Semarang di atas, pastinya sangat menginspirasi Anda untuk segera menjadikannya tujuan wisata berikutnya. Yuk liburan ke Kota Lama Semarang sekarang juga.

0 komentar:

Posting Komentar