Perawatan Luka Operasi di Rumah yang Baik dan Benar

Perawatan Luka Operasi di Rumah yang Baik dan Benar

Apabila Anda operasi tentu saja akan dijahit tergantung dari lebar atau kecilnya sayatan yang didapatkan. Perawatan pada luka operasi tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga tidak akan menimbulkan infeksi dan juga komplikasi pasca operasi yang dapat terjadi. Untuk melakukan perawatan luka operasi sendiri bisa dilakukan sendiri di rumah. Akan tetapi penting untuk melakukan perawatan luka operasi di rumah yang tepat. Caranya adalah dengan mengetahui hal yang dapat dilakukan untuk perawatan luka operasi yang dapat dilakukan di rumah seperti berikut ini:
 

1. Jangan sampai terkena air

Apabila mempunyai luka operasi maka perlu untuk dijaga dengan baik. Salah satunya adalah luka operasi yang tidak boleh untuk terkena air. Anda perlu untuk menjaga luka operasi tidak boleh terkena air setidaknya pada 24 jam setelah operasi. Oleh karena itulah bagi yang melakukan operasi, tidak disarankan untuk mandi di hari pertama. Anda cukup menggunakan langkah membersihkan tubuh dengan menyeka bagian tubuh. Sehingga cara ini juga akan lebih efektif untuk menghindari bagian luka operasi yang dipunyai. Setelah operasi juga tidak boleh untuk berenang dan berendam. Karena hal tersebut dikhawatirkan akan membuat jahitan lebih mudah lepas apabila terkena air.
 

2. Ganti perban berkala

Hal selanjutnya yang penting diperhatikan untuk merawat luka operasi adalah bisa mengganti perban secara berkala. Anda penting untuk memperhatikan kebersihan luka operasi dan di area sekitarnya. Sehingga bagian luka operasi perlu untuk dibersihkan dengan tepat untuk menjaga kebersihannya. Anda juga penting untuk mengganti perban secara berkala. Dimana untuk mengganti perban juga pastikan telah cuci tangan sehingga steril. Selanjutnya dapat untuk mengikuti langkah mengganti perban yang tepat dan mudah seperti berikut:
 
  • Langkah pertama adalah dengan mengganti perban dan membersihkan luka tanpa menggunakan perhiasan. Terutama di bagian jari dan juga tangan yang akan mengganti perban. Selain itu juga jauhkan tangan agar tidak memegang binatang peliharaan ketika membersihkan luka.
  • Anda juga penting untuk cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air bersih.
  • Anda bisa membuka perban dengan hati-hati dan kemudian membersihkan lukanya menggunakan kain kasa dengan lembut.
  • Membersihkan luka tersebut tidak boleh menggunakan sabun antibakteri atau cairan antiseptik.
  • Setelah membersihkan luka, maka bisa untuk menutup luka dengan tepat. Anda tidak perlu untuk menggunakan krim, serbuk, dan juga larutan lainnya ke luka tanpa saran dokter.

3. Jahitan tidak boleh robek

Hal selanjutnya yang penting Anda perhatikan ketika merawat luka operasi di rumah adalah dengan menjaga jahitan tidak boleh robek. Adapun untuk beberapa cara yang dapat dilakukan untuk hal ini adalah dengan menghindari tindakan yang meningkatkan resiko jahitan robek. Seperti dapat untuk mengkonsumsi makanan berserat sehingga tidak terjadi sembelit. Selain itu juga bisa untuk memegang bantal atau kain apabila ingin batuk, bersih, ataupun muntah.
 

4. Waktu jahitan di lepas

Perawatan luka operasi di rumah juga perlu dan penting untuk mengetahui waktu jahitan perlu dilepas. Biasanya hal ini akan perlu untuk rumah sakit sehingga dapat untuk melepaskan bekas jahitan. Anda bisa untuk datang ke rumah sakit untuk melepaskan jahitan luka operasi yang dipunyai. Dimana untuk waktu pelepasan tersebut tergantung dari tempat jahitan yang dipunyai. Dimana untuk pada bagian wajah membutuhkan waktu hingga 5 hari. Bagian kulit kepala dan tangan hingga 10 hari, bagian dada, perut, tangan, dan tungkai bisa dilepas dalam 2 minggu. Sedangkan kaki dan telapak tangan pada 3 minggu.

0 komentar:

Posting Komentar