Kredit KTA: Ulasan Seputar Bunga dan Biaya dalam Pengajuan KTA

Kredit KTA: Ulasan Seputar Bunga dan Biaya dalam Pengajuan KTA

Kredit KTA merupakan salah satu pinjaman yang ditawarkan oleh bank tanpa harus menggunakan pinjaman. Dalam pengajuan kredit sebaiknya tidak memiliki track record kredit yang buruk karena berpengaruh pada kelancaran dan kepercayaan selama pelunasan. Saat mengajukan kredit ini sebaiknya tidak memiliki banyak pinjaman karena setiap bank pemberi pinjaman yang memiliki batasan-batasan. Bank juga tidak berikan menggunakan gaji terlalu rendah karena setiap bank akan menetapkan tingkat gaji.
 
Dalam mengurus syarat pengajuan kredit ini, peminjam harus sudah berusia 18 tahun dan maksimal 55 tahun terakhir dan 60 menjadi umur pinjaman terakhir. Diperlukan juga melengkapi dokumen identitas seperti KTP atau paspor dan memiliki NPWP jika pengajuan akan melampaui batas pinjaman tertentu. Syarat lainnya adalah dokumen penghasilan untuk mengukur kondisi keuangan. Begitu juga dengan surat kepemilikan kredit minimal satu dengan batas tertentu. Bank juga akan meliput data reputasi kartu kredit, jika buruk maka bank akan mempertimbangkan hari ini.
 
Berikut adalah 3 jenis untuk perhitungan bunga dari produk kredit KTA diantaranya:
  • Suku bunga flat, setiap angsuran sama, bunga dan cicilan pokok sama. Perhitungan bunga ini tetap dan secara proporsional untuk pelunasan hingga jangka waktu kredit. perhitungan bunga dilakukan dengan presentasi bunga yang dikalikan pada pinjaman pokok awal sehingga jumlah pembayaran dan bunga akan sama besar.
  • Suku bunga efektif, perhitungan bunga pada akhir periode angsuran yang setiap bulannya akan dibayarkan. Bunga akan dihitung sesuai dengan nilai pokok yang masih belum dibayar. Bunga perbulannya akan berubah sesuai nilai pokok yang masih menjadi utang. Hal ini tentu akan menunjukkan penurunan bunga pada setiap bulannya karena menuju pelunasan nilai pokok semakin kecil.
  • Suka bunga anuitas, perhitungan bunga efektif yang mempermudah nasabah sehingga angsuran yang akan dibayarkan setiap bulannya. Nilai bunga yang akan dibayar semakin mengecil tetapi memiliki angsuran pokok yang semakin besar dan membuat komposisi yang berbeda antar pokok dan bunga.
Saat mengajukan kredit maka terdapat tabel dan simulasi bagaimana kredit akan dibayarkan. Setiap bank akan menyediakan simulasi ini, peminjam hanya perlu memasukkan jumlah dana yang akan dipinjam kemudian jangka waktu pelunasan yang diinginkan. Simulator akan melakukan perhitungan berdasarkan data yang dan tabel perhitungan akan disediakan. Nominal tersebut hanya sebagai ilustrasi tentu akan berbeda pada nominal yang akan disahkan oleh bank.
 
Berikut adalah biaya yang dikeluarkan saat melakukan pengajuan kredit diantaranya:
  • Biaya provisi merupakan biaya balas jasa kepada bank karena telah disetujui pinjamannya. Beberapa bank menetapkan biaya ini tetapi juga tidak, biasanya dikenakan 1-3,5% dari total yang diperoleh.
  • Biaya muka, merupakan biaya awal diluar cicilan dan ditentukan oleh bank dengan persenan 1,5-5% dari semua biaya pinjaman yang ditawarkan.
  • Biaya bunga, merupakan bunga yang harus dibayarkan antar 10-23% per tahun. Tingginya bunga dikarenakan pinjaman online syariah tidak menggunakan jaminan aset dari peminjam sehingga bank tidak berani mengambil resiko yang besar.
Selain itu, terdapat biaya pinalti yang dikenakan jika peminjam melunasi peminjaman dipercepat dan biasanya biaya yang dikenakan adalah 5-6% dari sisa tagihan. Biaya materai untuk membayar materai namun tidak semua bank pemberi pinjaman menetapkan ini karena terdapat beberapa bank memberinya dengan kerelaan. Terdapat juga biaya asuransi untuk melindungi pinjaman karena pinjaman cukup besar dengan resiko besar. Hal inilah yang membuat pengaju kredit KTA akan mengetahui suku bunga dan biaya tambahan diluar dari pelunasan bulan dan bijaklah mengenai suku bunga yang ditetapkan.

0 komentar:

Posting Komentar