Dimana Tempat Terbaik Meletakkan Router Wifi? Simak Ulasannya!

Dimana Tempat Terbaik Meletakkan Router Wifi? Simak Ulasannya!

Dimana Tempat Terbaik Meletakkan Router Wifi? Simak Ulasannya! Apakah Anda termasuk yang memasang wifi di rumah? Lalu bagaimana dengan jaringannya? Apakah Anda merasa jaringannya sering lambat atau tidak stabil? Barangkali Anda kurang tepat dalam peletakan routernya!

Seperti yang kita tahu hampir setiap aktivitas kita sebagai manusia modern tentu saja membutuhkan jaringan internet yang memadai. Baik itu untuk download film atau file, bermain game, mengerjakan tugas kuliah sampai mengerjakan laporan kantor dan deadline lainnya.

Tentu saja, dengan mobilitas yang padat tersebut Anda membutuhkan jaringan dan akses yang cepat serta mudah. Namun, hal yang paling menjengkelkan jika tiba-tiba wifi rumah suka lemot atau tidak stabil. Maka dari itu, ketahui peletakkan router wifi yang tepat di rumah Anda. 

Pertama, Anda bisa meletakan router di ruang tengah. Jangan letakkan di luar rumah atau pojok ruangan. Karena ruang tengah adalah tempat yang strategi di mana router bisa mendistribusikan jaringan dengan baik pada setiap perangkat yang ada.

Sehingga jaringan akan dengan mudah tersebar dan diakses. Kedua, hindari  peletakkan router wifi   yang dekat dinding atau hal lain yang tebal. Wifi bergerak melalui gelombang radio. Jika terdapat tembok tebal yang menghalangi maka gerak gelombang tersebut akan terhambat. 

Semakin besar halangan gelombang untuk bergerak, maka semakin wifi rumah Anda akan lemot. Selanjutnya, letakkan router pada tempat yang tinggi. Karena semakin tinggi, sinyalnya pun akan semakin kuat. Anda bisa meletakkannya di atas rak, lemari atau dinding bagian atas.

Kemudian jauhkan router wifi dari benda elektronik lainnya. Misalnya, microwave. Karena alat elektronik ini dapat menangkap gelombang dari wifi rumah Anda. Sehingga sinyal yang terpancar justru akan kacau dan tidak stabil. 

Jauhkan pula benda lain yang mengandung bahan logam, stainless-steel, bahkan kaca atau cermin. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan antena router. Jika Anda sudah memperhatikan peletakkan router di rumah. jangan lupa untuk  memperhatikan pula antenanya.

Hal ini pula yang mempengaruhi sinyal wifi rumah berjalan stabil atau tidak. Jika antena nya hanya satu, maka posisikan tegak lurus ke atas. Namun, jika ada dua antena, maka Anda bisa memposisikannya tegak lurus sedangkan yang satunya sedikit menyamping. Itulah beberapa tempat peletakkan router wifi yang bisa Anda coba.

0 komentar:

Posting Komentar