Iklan

RajaBackLink.com

Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Simak Definisi, Ciri, dan Beberapa Contoh Kata Kerja Mental


Bahasa Indonesia memiliki beberapa jenis kata kerja yang berfungsi untuk mendeskripsikan tindakan oleh suatu subjek dalam kalimat. Kata kerja mental merupakan salah satu jenis kata kerja. Dengan demikian, berikut definisi, ciri ciri, dan contoh kata kerja mental untuk membantu anda mengetahui secara mendalam mengenai verba ini.

Definisi Dari Kata Kerja atau Verba Mental

Sebelum membahas mengenai contoh dari kata kerja jenis ini, ada baiknya untuk mengetahui dasar dasar atau pengertian kata kerja atau verba mental. Kata kerja mental adalah jenis verba yang membicarakan perilaku atau respons seseorang terhadap sebuah tindakan, keberadaan, maupun sebuah pengalaman. 

Dengan kata lain, verba ini merupakan verba tingkah laku (behavioral) yang mendeskripsikan proses, pengalaman, dan tindakan saat menghadapi situasi tertentu. Kata kerja jenis ini jarang sekali terdengar di kalangan masyarakat pada umumnya. Namun, verba ini acap kali dipakai dalam teks sebuah berita, ceramah, dan lainnya.

Dengan demikian, secara singkat, kata kerja mental mengacu pada sesuatu yang dapat anda pahami, pikirkan, rasakan, harapkan, tebak, pilihan, keputusan, dan bahkan rasa ingin tahu. Dapat disimpulkan contoh kata kerja mental meliputi perencanaan, pemahaman, penemuan, keputusan erat kaitannya dengan kata kerja jenis ini. 

Ciri Ciri Yang Dimiliki Oleh Kata Kerja atau Verba Mental

Terdapat ciri ciri khusus yang membedakan kata kerja jenis ini dengan verba lainnya. Salah satu diantaranya adalah mempunyai frasa yang memiliki sifat untuk menandakan sesuatu. Ciri khas selanjutnya adalah menggambarkan kasih sayang, misalnya rasa cinta atau rasa suka.

Selain dua ciri ciri verba mental yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa ciri lainnya yang perlu anda ketahui. Yang pertama adalah verba jenis ini erat kaitannya dengan istilah atau kata yang dapat di indentifikasi oleh panca indera. Kedua, verba ini berkaitan dengan persepsi, seperti merasakan atau melihat.

Ketiga, verba ini dapat diikuti oleh keterangan, kata sifat, dan kata benda. Selanjutnya adalah ciri khas verba mental yang terakhir dari ladiestory.id. Jenis verba mental dikenal berkaitan dengan tindakan maupun peran orang lain yang menjadi pemicu akan adanya atau terjadinya fenomena kejadian tertentu. 

Deretan Contoh Sederhana Dari Kata Kerja atau Verba Mental

Setelah mengetahui pengertian dan ciri ciri dari verba mental, anda juga perlu untuk melihat contoh kata dan kalimat dari kata kerja jenis ini untuk memudahkan anda agar dapat memahami kata kerja mental secara menyeluruh dan lebih detail. Contoh pertama adalah beberapa contoh kata verba mental.

Perlu diingat bahwa kata kerja ini memiliki salah satu sifat yaitu yang berkaitan atau dapat dirasakan dengan panca indera. Maka dari itu beberapa contoh kata verba mental erat dengan sifat tersebut. Mendengar, merasakan, tertawa, menikmati, memarahi, menangis, menyukai, dan mendengar merupakan tujuh contoh kata verba ini.

Contoh kalimat kata kerja rekomendasi dari ladiestory.id adalah Ani memarahi anaknya setelah menghamburkan baju yang telah dilipat. Dalam kalimat tersebut, dapat dilihat bahwa kata pada kata kerja mental yang digunakan adalah kata memarahi. Hal tersebut sesuai dengan kaidah verba mental yang telah dibahas sebelumnya.

Berdasarkan penjelasan yang telah dijabarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa teori mengenai kata kerja jenis mental jarang kali terdengar. Namun meski demikian, dalam kehidupan sehari hari, verba ini cukup sering digunakan. Salah satu contoh dari kata kerja atau verba mental adalah kalimat: Thito menikmati indahnya pemandangan laut.

Posting Komentar

0 Komentar